Monday, May 14, 2012

Asal Mula Timbulnya Adzan

           Menurut suatu riwayat, pada saat itu orang-orang Islam tiba di Madinah, mereka selalu berkumpul menunggu sholat, tetapi tidak ada seorangpun yang menteru terhadap sholat.
Maka dari itu, pada suatu hari mereka telah berbincang-bincang. Dan diantara mereka ada yang berbicara :
" Gunakan saja Naqus atau lonceng seperti Nasrani ". Ada juga yang berkata Trompet seperti kaum Yahudi ".
           Sampai pada usulan terakhir di antara mereka ada yang berkata : " Gunakanlah saja api unggun seperti kaum Majusi ". Akan tetapi semua usulan para sahabat itu tidak satupun yang di terima oleh Rasulullah s.a.w. Karena semua itu adalah menyerupai perbuatan orang kafir.
Pada saat itu, Abdullah bin Zaid di dalam mimpinya itu membawa lonceng, kemudian dia di datangi oleh seorang laki-laki yang berpakaian hijau dan bertanya : " Wahai Abdullah, untuk apakah kamu membawa Naqus? " Ia menjawab : " Untuk memanggil orang yang sholat " . Orang itu telah berkata : " Aapakah kamu mau ku tunjukan cara yang lebih bagus dari pada itu " . Ia menjawab " Aku mau ". Orang yang berpakaian hijau itu berkata lagi : " Menyebutlah ALLOHU AKBAR-ALLOHU AKBAR ............ dan seterusnya.
             Demikainlah asal mula timbulnya Adzan, sebagaiman yang telah kita jumpai sekarang ini. Di mana kalimat seruannya sudah menjadi ketentuan syara' yang tidak boleh dikurangi atau di tambah lagi..

0 comments:

Post a Comment

 
Design By MailzBlog - Published By Mailzblog